Pelatihan Mendongeng Tahun 2019

By EnPerpus // Jumat, 04 Oktober 2019 // 08:18 WIB // DINAS PERPUSTAKAAN

Dongeng dapat menjadi cara yang sangat efektif dalam berkomunikasi dan memasukkan informasi pada anak selain itu juga dengan mendongeng dapat meningkatkan kognitif, afektif dan psikomotor anak, perlu adanya keterampilan dalam seni mendongeng agar tujuan mendongeng ini dapat terwujud dengan maksimal.Pendongeng yang baik yaitu pendongeng yang mampu memanfaatkan sarana fisik selain benda – benda, yakni tubuh dan anggota tubuh untuk melakukan mimik dan pantomimik yang menarik, ketika pendongeng mengangkat tangan atau melompat dan menyuruh pendengar menirunya maka anak akan senang untuk bergerak, libatkan juga gerakan – gerakan yang menarik bagi anak seperti menari melompat berputar dan lain – lain. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan motorik anak.

Cerita atau dongeng yang baik setidaknya akan membangkitkan motivasi anak untuk memiliki keinginan berprestasi, kemauan untuk bersosialisasi, dan kemauan untuk berkreasi. Kegiatan Pelatiahan Mendongeng dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 21 September 2019 yang diikuti oleh 40 peserta dari 6 Kecamatan Se-Kota Pontianak dengan rincian Guru TK 25 orang, Guru PAUD 11 orang dan dari Play Group 4 orang.

Maksud diselenggarakannya kegiatan Pelatihan Mendongeng Dinas Perpustakaan Kota Pontianak tahun 2019 adalah sebagai salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Pontianak dalam menumbuh kembangkan minat baca dikalangan masyarakat khususnya anak – anak dan orang tua serta upaya meminimalisir dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti penggunaan gadget pada anak – anak usia dini.

Sedang kan tujuan dari pelaksanaan kegiatan Pelatihan Mendongeng Dinas Perpustakaan Kota Pontianak tahun 2019 adalah memberikan pemahaman kepada guru TK, PAUD dan PlayGroup tentang pentingnya mendongeng bagi tumbuh kembang anak, menjalin kerjasama dengan pihak sekolah sebagai mitra Dinas Perpustakaan Kota Pontianak, meningkatkan minat dan kegemaran membaca khususnya buku – buku cerita yang ditulis oleh pengarang lokal.

Share Post: